Jumat, 04 Mei 2018

Apa Sih Yang DImaksud Dengan Minyak Esensial ?

Minyak esensial bisa menjadi senjata rahasiamu untuk kehidupan emosional yang sehat dan seimbang. Minyak ini diekstrak dari sumber alami dengan menggunakan metode penyulingan uap dan proses lainnya, seperti ekspresi atau ekstraksi pelarutan. Tak habis santai diitu, minyak esensial juga digunakan sebagai agen penyedap rasa makanan dan minuman begitu juga untuk menambah aroma untuk dupa, penyegar udara dan produk pembersih rumah tangga.



Ingin tahu minyak esensial apa saja yang paling terkenal dan apa manfaatnya bagi kita, simak ulasan lengkapnya berikut ini :
  • Esensial Eucalyptus
Minyak ini bahkan dipercaya bisa meningkatkan sistem imun dan meredakan sakit otot. Kamu bisa mengoleskannya di permukaan kulit untuk mengobati luka gores, terbakar, nyeri otot, gigitan serangga, dan bisul. Penggunaan obat ini terutama disebabkan karena ia memiliki sifat anti-inflamasi, sntispasmodiak, dekongestan, deodoran, desinfektan, antiseptik, antibakteri, analgesik, stimulan, dan kualitas obat lainnya.

Tambahkan beberapa tetes minyak Eucalyptus ke dalam botol spray berisi air untuk digunakan di dapur dan kamar mandi untuk menghilangkan kuman dan bau. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menambah rasa ke dalam berbagai jenis makanan seperti makanan panggang, produk daging, permen, dan minuman.
  • Esensial Lavender
Minyak lavender adalah salah satu jenis minyak esensial yang paling menentramkan, memiliki aroma wangi yang disukai banyak orang. Minyak ini juga memiliki baik manfaat fisik atau psikologi. 

Manfaat dan kegunaannya..:
    • Tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam  minyak carrier dan oleskan ke tubuhmu untuk mengusir nyamuk.
    • Masukkan beberapa tetes minyak di humidifier untuk melegakan hidung tersumbat atau dada sesak.
    • Kamu bahkan dapat menempatkan beberapa tetes di bantal atau saputangan untuk memerangi insomnia, stres, dan sakit kepala.
Kamu bisa menggunakan minyak ini untuk mengobati kecemasan, masalah pernafasan, luka bakar ringan, luka goresan, sengatan dan gigitan serangga, jerawat, rambut rontok, sakit telinga, dan beberapa masalah kesehatan wanita. 
  • Esensial Peppermint
Karena aroma mint alaminya, minyak ini sering digunakan dalam produk pearawatan tubuh pribadi dan pengharum udara. Minyak esensial ini juga digunakan sebagai bahan penyedap untuk pasta gigi, permen karet, teh, dan es krim. Berkat khasiat anti inflamasi, antispasmodiak, astringent, anti jamur, anti mikroba, dan ekspektorannya, minyak peppermint memiliki banyak manfaat kesehatan.

Manfaat dan Kegunaannya..:
    • Gosokkan satu atau dua tetes minyak peppermint ke tengkuk dan dahi untuk mengobati sakit kepala.
    • Taruh beberapa tetes minyak esensial peppermint ke saputanganmu dan hirup secara teratur untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecapekan.
    • Kamu bahkan dapat menggunakan minyak ini untuk menangkal tikus, semut dan kecoak dengan menempatkan beberapa tetes minyak pada bola kapas dan menempatkannya di alur jalan atau tempat masuk mereka.
Minyak ini membantu meredakan sakit perut, mengobati masalah pencernaan dan maag, mengatasi sakit kepala, meningkatkan kesehatan mental, dan mengobati masalah pernafasan.
  • Esensial Rosemary
Minyak ini biasanya digunakan dalam produk kosmetik dan pembersih rumah. Disamping itu, minyak rosemary juga memiliki khasiat antioksidan, antiseptik, anti-kanker, dan anti inflamasi yang bisa membantu meredakan masalah pernafasan, mengurangi nyeri otot, melawan infeksi vagina, mengurangi sakit kepala, mengobati batuk dan lain-lain.

Manfaat dan Kegunaannya..:
    • Minyak rosemary juga mendukung kesehatan mulut dan gigi.
    • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial ini ke segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur untuk melawan bau nafas tak sedap
    • Mencegah karang gigi dan penumpukan plak, dan masalah gigi yang lain.
Hindari minyak esensial ini selama masa kehamilan dan jika kamu menderita epilepsi atau tekanan darah tinggi. Juga, jangan gunakan minyak ini jika kamu sedang menggunakan obat-obatan homeopatik.
  • Tea Tree Oil
Para pakar kesehatan menyebut minyak esensial ini sebagai ‘lemari obat yang terdapat dalam botol’. Mengapa? Karena minyak ini memiliki sifat antijamur, antibakteri, antivirus, anti-inflamasi, antiseptik, ekspektoran, insektisida dan stimulan. Jika kamu tidak memiliki kulit yang sensitif, maka kamu hanya tinggal membasahi kapas, tambahkan setetes minyak tea tree, dan oleskan langsung pada daerah yang terkena.

Manfaat dan Kegunaannya..:
    • Minyak tea tree bahkan bisa membantu melawan infeksi vagina
    • Membersihkan lendir di dada
    • Menghilangkan bau badan
    • Meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.
    • Campurkan sedikit tetesan minyak tea tree dengan minyak zaitun, jojoba, alpukat atau castor Anda dapat menggunakannya untuk mengobati jamur kuku, ketombe, bisul, kutil, gigitan serangga, dan kutu kepala. 
Jangan pernah menelan tea tree oil, karena bisa menyebabkan efek samping meliputi bingung, halusinasi, mengantuk, kegoyangan, ruam parah, muntah, diare dan kelemahan umum lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar